Mensos sebut Karang Taruna punya peran atasi kemiskinan

 on Senin, 05 Oktober 2015  

Mensos sebut Karang Taruna punya peran atasi kemiskinan - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengimbau Pengurus nasional Karang Taruna tidak hanya sekedar forum komunikasi, melainkan memiliki peran dalam memberantas kemiskinan di Indonesia. Peran itu terwujud dalam otoritas menyiapkan struktur, fungsi, serta pola koordinasi baik vertikal, horizontal, lokal, regional maupun internasional.

Peran aktif Karang Taruna bisa dalam penanganan fakir miskin di Indonesia melalui koordinasi dan membangun sinergitas dengan elemen bangsa lainnya, ujar Khofifah menjelang pengukuhan Pengurus Nasional Karang Taruna Masa Bhakti 2015-2020 di Ruang Cendrawasih JCC, Jakarta, Senin (5/10).

Saat ini, diperlukan koordinasi pasca MDGs dan Karang Taruna memiliki kesempatan sangat luas dan power cukup kuat untuk mereduksi pelambatan ekonomi di tingkat desa, kecamatan hingga struktur nasional.

Dengan struktur dari tingkat desa hingga nasional itu, Karang Taruna memiliki kekuatan luar biasa untuk bisa berperan aktif dalam upaya penanganan fakir miskin, harapnya.

Dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Sosial (Mensos) ditegaskan, struktur Karang Taruna bukan forum komunikasi. Sehingga, mendapatkan kekuatan baru terlebih adanya Undang-Undang (UU) pemerintahan daerah, 1 dari 6 layanan dasar terkait urusan sosial.

Karang Taruna tidak hanya berperan rehabilitasi dan pemberdayaan sosial. Dengan struktur di tingkat manapun bisa membangun penguatan dan sinergitas di kalangan muda di tingkat desa sesuai butir ketiga Nawacita.

Butir ketiga Nawacita disebutkan, membangun Indonesia dari pinggiran, daerah dan pedesaan, menjadikan segala potensi Karang Taruna bisa sangat signifikan, tandasnya.

Karang Taruna, kata Mensos, secara institusi harus konsisten dan tegak bersikap tidak terbawa arus politik praktis. Namun, sebagai individu dan warga bangsa bisa menjadi pioner produktif dan konstruktif dalam politik.

Mesti tegak dan konsisten sebagai institusi tidak terbawa arus politik praktis. Tetapi sebagai warga negara dan individu bisa menjadi pioner dan konstruktif dalam politik, tandasnya.

Sumbernya dari : http://www.merdeka.com/peristiwa/mensos-sebut-karang-taruna-punya-peran-atasi-kemiskinan.html
Mensos sebut Karang Taruna punya peran atasi kemiskinan 4.5 5 Unknown Senin, 05 Oktober 2015 Mensos sebut Karang Taruna punya peran atasi kemiskinan - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengimbau Pengurus nasional Karang Tar...


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.